Halaman

Sabtu, 14 Juni 2014

strategi hubungan dengan customer

Dari sekian banyak tujuan yang ingin dicapai perusahaan ketika membangun strategi hubungan dengan customer, diantaranya adalah memperoleh customer yang memiliki komitment dan loyalitas kepada perusahaan (supplier). untuk mencapai hal tersebut, ada 3 (tiga) hal pokok yang perlu diperhatikan
  1. menggunakan konsep CRM
    CRM adalah kolaborasi dengan setiap konsumen untuk menciptakan situasi win-win dengan meningkatkan nilai kehidupan pelanggan setiap harinya agar menjadi loyal.

  2. Strategi menyerang
    Di sini Anda harus bersikap agresif dalam menjerat pelanggan. Tetapi ingat, agresif dalam arti Anda memiliki persiapan menyerang yang matang dan cukup kuat untuk menyerang. Bagaimana caranya agar Anda menerapkan strategi menyerang ini? Berikut beberapa contohnya:
    Melakukan promosi atau advertisement yang menerangkan bahwa perusahaan Anda memiliki fasilitas pelayanan lebih baik dibanding sebelumnya. Banyak jalan untuk mempromosikan usaha, misalnya dengan iklan di media massa maupun spanduk, leaflet atau billboard yang dipasang di lokasi strategis.
    Memberikan hadiah (dapat berupa service gratis atau souvenir kecil) kepada pelanggan lama yang dapat membawa beberapa pelanggan baru (jumlah pelanggan baru ditetapkan berdasarkan atas biaya untuk hadiah yang diberikan).
    dll

  3. Strategi defensif atau bertahan
    Di sini Anda hanya mempertahankan yang sudah ada, mungkin yang Anda lakukan hanya meningkatkan fasilitas pelayanan yang Anda miliki.
    Menyediakan beberapa fasilitas yang dapat memberikan kenyamanan pelanggan.
    Memberikan souvenir kecil pada pelanggan setelah beberapa kali menggunakan layanan Anda.
    Mengirimkan kartu ucapan selamat pada hari-hari besar keagamaan bagi pelanggan setia, yang telah menjadi pelanggan cukup lama.
    dll


Tidak ada komentar:

Posting Komentar