Halaman

Sabtu, 14 Juni 2014

faktor-faktor yang menentukan keefektifan dan ketidakefektifan dalam melakukan komunikasi.

Komunikasi dipandang sebagai suatu hal yang penting dan kompleks . Dianggap penting karena ragam dinamika kehidupan (bisnis, politik, misalnya) yang terjadi biasanya menghadirkan situasi kritis yang perlu penanganan secara tepat, munculnya kecenderungan untuk tergantung pada teknologi komunikasi, serta beragam kepentingan yang ikut muncul. Berikut ini adalah faktor yang menentukan efektif atau tidak nya suatu komunikasi: 
Keefeketifan:
  1. Menciptakan suasana yang menguntungkan.
  2. menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti. 
  3. pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan.
  4. Pesan dapat menggugah kepentingan dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya.
  5. Pesan dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward di pihak komunikan.
  6. Berbicara tentang minat atau awareness di pihak komunikan, dapat dikemukakan bahwa minat akan timbul bilamana ada unsure-unsur sebagai berikut :
  7. Tersedianya suatu hal yang menarik minat.
  8. Terdapat kontras, yaitu perbedaan antara hal yang satu dengan lainnya, sehingga apa yang menonjol itu menumbuhkan perhatian.
  9. Terdapat harapan untuk mendapat keuntungan atau mungkin gangguan dari hal yang dimaksudkan.
Ketidakefektifan:
  1. Menganalisa, dalam melkaukan komunikasi kita mungkin memerlukan analisis di dalamnya, namun jangan gunakan analisis itu terlalu mendalam, hal tersebut dapat menyebabkan tidak efektifnya komunikasi dua arah bahkan lebih yang sedang atau telah dilakukan.
  2. Menyalahkan dalam melkaukan komuniasi hindari hal yakni menyalahkan, sikap menyalahkan dapat membuat komunikasi yang dilakukan menjadi tidak efektif dan membuat permasalahan menjadi rumit untuk diselesaikan 
  3. Menghakimi, dalam hal komunikasi sangat hindari menghakimi, komunikasi yang mempertegas hal menghakimi akan terjalin tidak efektif dan akan membuang-buang waktu saja.
  4. Menasehati, dalam melakukan komunikasi menasehati baik adanya, namun terkadang measehati yang tidak dibutuhkan malah membuat komunikasi yang sedang di jalankan menjadi tidak efektif.
  5. Menginterogasi, dalam komnikasi kurangi hal pengintrogerasian, karena hal tersebut akan membuat komunikasi yang dijalankan menjadi tidak efektif dan akan membuang-buang waktu dan komunikasi malah tidak berjalan dengan baik, dan membuat segalanya menjadi tidak efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar