Halaman

Sabtu, 14 Juni 2014

terampil dalam berkomunikasi lewat telepon.

Komunikasi lewat telpon termasuk salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan hubungan bisnis dengan calon pelanggan atau dengan pelanggan, oleh karena itu terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, sehingga kita terampil dalam berkomunikasi lewat telepon.

Salah satu bentuk komunikasi tidak langsung adalah komunikasi dengan telepon. Komunikasi dengan telepon ini merupakan bentuk komunikasi yang sering dilakukan oleh seorang customer service, terutama mereka yang berada di bagian call center. Komunikasi melalui telepon juga membutuhkan skill tertentu, tidak bisa sembarangan. Cara bicara yang sopan harus selalu dipertahankan, karena percakapan tidak dilakukan secara langsung sehingga biasanya orang cenderung lebih sensitif.

Adapun tata cara atau aturan dalam berkomunikasi melalui telepon adalah sebagai berikut:

  1. Angkat dan jawablah dengan segera saat telepon berbunyi, tidak lebih dari dering ketiga, dan mulailah menjawab telephone dengan sopan dan resmi
  2. Menyebut nama perusahaan/ lembaga/ unit bisnis
  3. Mengucapkan salam, selamat pagi, selamat siang atau selamat malam
  4. Sebut nama penerima telepon
  5. Tawarkan bantuan
  6. Tanyakan nama penelpon apabila belum mengenal
  7. Tanyakan mengenai kepentingannya
  8. Tuliskan pesan atau hal penting yang disampaikan
  9. Ucapkan salam sebelim mengakhiri percakapan
  10. Gunakan bahasa yang jelas, singkat tetapi sopan
  11. Biarkan penelpon menutup telepon terlebih dahulu. 
Satu lagi hal yang sangat penting peranannya juga dalam sebuah percakapan melalui telepon yakni TERSENYUM, karena itu akan membantu suara ditelepone menjadi lebih ramah dan menyenangkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar