Halaman

Sabtu, 14 Juni 2014

perbedaan karakteristik customer industri/korporat dengan customer personal

Ketika kita akan melayani customer, maka kita harus memahami benar karkteristik dari customer. adapun perbedaan karakteristik customer industri/korporat (institusi, lembaga, perusahaan, yayasan, dsb) dengan customer personal/ritel (consumer)

Perusahaan 
  1. Jika kehilangan customer pengaruhnya besar terhadap perusahaan supplier
  2. Hubungan nya sangat erat 
  3. Perencanaan segmentasi pelanggan 3-5 tahun 
  4. Proses bisnisnya dilakukan berdasarkan criteria strategis 
  5. Permintaan produk terpenuhi dengan adanya jangka waktu tertentu 
  6. layanan disesuaikan permintaan 
  7. pesanan dalam jumlah yang relatif besar 
  8. adanya kemungkinan yang besar untuk melakukan transaksi kembali 
  9. keuntungan yang diperoleh perusahaan supplier cenderung lebih besar 
  10. lebih cenderung tetutup dalam mempromosikan/ memberitahukan informasi tentang suppliernya terhadap perusahan lain selaku pesaingnya 
  11. proses administrasi yang dilakukan lebih rumit 
  12. spesifikasi produk yang diminta beragam 
  13. kualitas yang diminta berdasarkan kesepakatan
Personal 
  1. Jika kehilangan customer pengaruhnya kecil terhadap perusahaan supplier
  2. Hubungan nya tidak begitu erat 
  3. Perencanaan segmentasi pelanggan 1 tahun 
  4. Proses bisnisnya dilakukan berdasarkan potensi perusahaan 
  5. Pemintaan dapat terpenuhi pada waktu itu juga 
  6. Layanan sudah tersedia 
  7. pesanan dalam jumlah yang relatif kecil 
  8. untuk melakukan transaksi kembali jarang dilakukan 
  9. keuntungan yang diperoleh perusahaan supplier cendeung kecil 
  10. memungkinkan terjadinya promosi secara visual terhadap personal yang dapat menjadi customer nantinya 
  11. proses administrasi yang dilakukan lebih simpel 
  12. spesifikasi produk tidak terlalu beragam 
  13. kualitas yang diminta berdasarkan kesesuaian keadaan supplier

Tidak ada komentar:

Posting Komentar