Halaman

Sabtu, 14 Juni 2014

Basis Data

Basis data atau juga disebut database, terdiri dari dua penggalan kata yaitu data dan base, yang artinya berbasiskan pada data, tetapi secara konseptual, database diartikan sebuah koleksi atau kumpulan data-data yang saling berhubungan (relation), disusun menurut aturan tertentu secara logis, sehingga menghasilkan informasi. Selain itu, untuk mengelola dan memanggil query basis data agar dapat disajikan dalam berbagai bentuk yang diinginkan dibutuhkan perangkat lunak yang disebut Sistem Manajemen Basis Data atau juga disebut Database Management System (DBMS).

Penggabungan Database Management System (DBMS) dengan Basis Data akan membentuk satu kesatuan yang disebut Sistem Basis Data. Sistem Basis Data adalah suatu sistem penyusunan dan pengelolaan record-record dengan menggunakan komputer, dengan tujuan untuk menyimpan atau merekam serta memelihara data operasional lengkap sebuah organisasi/perusahaan sehingga mampu menyediakan informasi yang diperlukan pemakai untuk kepentingan proses pengambilan keputusan.

Basis data adalah kumpulan data yang saling terhubungan satu sama lain yang disimpan dalam satu media dan dapat digunakan oleh satu atau lebih program-program aplikasi. Atau dapat dikatakan bahwa basis data merupakan sekumpulan informasi atau data yang saling berhubungan yang diorganisir untuk pengolahan data. Database dapat dibayangkan sebagai lemari arsip. Jika memiliki sebuah lemari arsip dan berwenang atau bertugas untuk mengelolanya, maka kemungkinan besar akan melakukan hal-hal seperti: memberi sampul atau map pada kumpulan atau bundle arsip yang akan disimpan, menentukan jenis arsip, memberi penomoran dengan pola tertentu yang nilainya unik pada setiap map atau sampul, lalu menempatkan arsip-arsip kedalam lemari. Kalaupun hal-hal tersebut tidak seluruhnya dilakukan, paling tidak semua arsip menerapkan suatu aturan tentang bagaimana keseluruhan arsip-arsip tadi ditempatkan yang paling sederhana, tentu menyusun arsip-arsip tadi berdasarkan kedatangnnya dan tanpa lupa pengelompokan. Hampir tidak akan pernah dijumpai adanya lemari arsip yang tidak memiliki aturan dalam penyusunan arsip-arsip didalamnya. Relationship merupakan hubungan yang terjadi antara satu atau lebih entity, hubungan antara dua table bekerja dengan mencocokan data dalam field-field kunci, biasanya dengan nama yang sama dikedua table

Tidak ada komentar:

Posting Komentar