Halaman

Jumat, 25 Oktober 2013

Ekspektasi terhadap Logistik Global ditinju dari Persepsi Customer

Kinerja logistik dapat berdampak pada knerja ekonomi suatu negara. Kinerja logistik yang tinggi dapat berkontribusi untuk meningkatkan efisieensi operasional, meningkatkan aksesibilitas ke jaringn internasional dan volume perdagangan. Oleh karenanya diperlukan kontribusi perbaikan yang meliputi peningkatan tingkat operasonal, meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, akses sumber daya yang mudah, mengurangi biaya, fokus pada bisnis inti, meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan kinerja bisnis, dan mengembangkan jaringan. Dengan begitu akan mempebaki keadaan logistik eceara global. Logistik memiliki peran yang kompleks dalam mengelola arus barang, jasa dan informasi terkait. Dan peringkat indonesia dari logistik performance index tersendiri adalah 75 dari 155 negara di tahun 2011 menurut World Bank.

Saat ini, peran logistik semakin meluas tidak hanya untuk memindahkan produk dan bahan, tetapi juga menciptakan persangan. Dengan adaya persaingan membuat perusahaan semakin memperbanyak memberikan varian terhadap customer atau pelanggan. Kinerja logistik secara signifcant mempengaruhi kepuasan pelanggan, penjualan dan pangsa pasar. Ketika kinerja logistik dapat berjalan secara efektif dalam mengintegrasikan fungsi hulu sampai operasional dan hilir pemasaran dalam rantai pasokkan, maka kinerja bisnis scara keseluruhan juga dapat secara significant meningkatkan dan mendorong keberlanjutan pasar yang ada serta penyebaran pasar baru.

Pada tingkat makro kinerja logistik industri di suatu negara memiliki dampak besar pada ekonomi kinerja negara. Kinerja logistik dari semua sektor mempegaruhi pada pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran suatu negara. Semakin efisien manajemen logistik maka semakin kecil margin biaya logistik pada barang atau jasa yang dibeli oleh konsumen. Kualitas kinerja logistik akan mengurangi margin biaya dalam produk dan jasa, meningkatkan efisiensi operasional, memperbaiki akses negara ke pasar internasional dan meningkatkan volume perdagangan. Ketika semua sektor dalam suatu negara memiliki kinerja logistik yang unggul, maka daya saing suatu negara akan meningkat. Dalam rantai pasokan dunia efektifitas untuk logistik global merupakan kunci keberhasilan negara. 

Dengan adanya logistik global ini orang dapat membeli suatu barang dapat dengan mdah hanya tinggal meng-klik mouse komputernya. Namun bagaimana caranya barang tersebut itu untuk sampai ke tangan pembeli tidak lepas dari spek logistik. Kine toko konvensional dapat disaingi dengan toko online tetapi kedua-duanya tetap terkait dengan kedua bend yang sama. Pembelian secaa online buat sebagian orang memang terasa efisien prosesnya, yaitu tinggal mencarinya diinternet kemudian memesannya. Mungkin hal ini hanya diperlukan beberapa detik atu menit saja untun memesannya. Namun demikian, sering didapati bahawa barang yang dipesan tersebut baru akan sampai ke tangan pembeli beberapa hari setelah itu. Proses pemesanannya memang cepat tetapi diterimanya masih butuh waktu.

Dengan melihat banyak hal yang mengakibatkan tingginya inefisiensi dalam suatu proses logistik membuat pemain dalam lingkungan logistik ini harus berjuang keras agar dapat memenuhi keinginan customer online tersebut. Oleh karenanya industri logistik peranannya semakin penting dan untuk saat ini belum bisa tergantikan. Dengan demikian bahwa logistik bukan sebagai pelengkap dalam suatu value chain, namun menjadi salah satu elemen kunci dalam perekonomian global. Dan kini ekspektasi pelanggan semakin lama semain tinggi terhadap kecepatan pengiriman barang.

Persaingan global dalam bidang logistik mendorong adanya tuntutan standar yang lebih tinggi dari customer atau pelaggan. Tuntutan yang lebih tinggi ini erupakan ekspektasi pelanggan yang harus dipenuhi. Adapun ekspektasi pelanggan antara lain: 

  1. Kecepatan tanggap dari produsen : dengan adanya logistik global yang memberikan kemudahan maka pelanggan menuntut agar produsen itu lebih cepat tanggap dalam memenuhi keinginan pelanggan.
  2. Jangkauan layanan yang luas : dengan adanya logistk global maka pelanggan berhaap dapat menjangkau wilayah yang luas untuk mendapatkan barang atau jas yang sesuai dengan keinginan, jadi dengan adanya logistik global ini pelanggan berharap memiliki layanan yang luas sampai ke luar negri.
  3. Ketepatan dan kecepatan pengantaran : dengan adanya logistik global maka pelanggan berekspektasi bahwa layanan pengiriman akan tepat sasaran dan cepat dalam proses pengantarannya.
  4. Keamanan : tentunya dengan adanya logistik global ini maka keamanan barang juga harus diperhatikan yang didukung dengan teknologi yang ada misalkan barcode.
  5. Layanan nilai tambah : dengan adanya kemudahan logistik global maka pelanggan juga mengharapkan adar mendapatkan layanan nlai tambah, misalnya asuransi atau jaminan untuk keadaan barang
  6. Biaya murah : tidak dapat dipungkiri dimana-mana pelanggan mengharapkan biaya yang murah maka dengan adanyalogistik global dapat memangkas beberapa biaya. Contohnya biaya warehouse, biaya distribusi, biaya pemasaran dan lain sebagainya maka pelangggan mengharakan biaya yang murah
  7. Mudah dan instan : hal ini sudah jelas bahwa dengan adanya logistik global akan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan misalnya saja melalui internet sehingga dengan adanya logistik global ini akan dapat member kemudahan untuk dapat mendapatkan barang di negara lain dengan mudah dan instan
  8. Barang berkualitas: sangat diharapkan bahwa mendapatka barang yang berkualita denga adanya logistik global ini tak dapat terhindarkan karena akan semakin banyak persaingan yang ada dari perusahaan-perusahaan sehingga varian dah standarnya akan semakin tinggi apalagi didukung oleh teknoogi.
Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan bahwa adanya logistik global mempengaruhi kinerja suatu negara. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja ekonomi suatu negara adalah kinerja logistik suatu negara tersebut. Sedangkan kinerja logistik dapat dilihat dari seberapa mampunya perusahaan memenuhi ekspektasi pelanggan dalam logistik global ini. 

Adapaun ekspektasi yang diharapkan pelanggan adalah mendapatkan barang (produk) atau jasa yang berkualtas dengan harga yang murah dan dapat diterima dlam waktu yang tepat dan cepat, serta dapat mendapatkan barang atau jasa sesuai dengan keinginan dengan cara yang mudah serta instan tanpa harus datang langsung ke toko konvesionalnya karena dapat mengefisienkan biaya dan mengefektifkan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar