Halaman

Minggu, 21 April 2013

Fungsi dan Manfaat Transportasi

  1. Fungsi Transportasi
    Fungsi transportasi  (pengangkutan) memegang peranan penting dalam usaha mencapai tujuan pengembangan ekonomi dalam suatu bangsa. Adapun tujuan pengembangan ekonomi yang bisa diperkenankan oleh jasa transportasi adalah:
    • Meningkatkan pendapatan nasional, disertai dengan distribusi yang merata antara penduduk, bidang usaha dan daerah.
    • Meningkatkan jenis dan jumlah barang jadi dan jasa yang dapat dihasilkan para konsumen, industri dan pemerintah.
    • Mengembangkan industrial nasional yang dapat menghasilkan devisa serta mensupply pasaran dalam negeri
    • Menciptakan dan memelihara tingkatan kesempatan kerja bagi masyarakat.
    Ada peranan transportasi dalam kegiatan non-ekonomis yaitu sebagai sarana mempertinggi integritas bangsa, transportasi menciptakan dan meningkatkan standar kehidupan masyarakat secara keseluruhan, mempertingi Ketahanan Nasional Bangsa Indonesia (Hankamnas) dan menciptakan pembangunan nasional
    Fungsi lain transportasi adalah untuk mengangkut penumpang dan barang dari satu tempat ke tempat lain. Kebutuhan akan angktan penumpang tegantung fungsi bagi kegunaan seseorang (personal place utility). Peranan transportasi tidak hanya untuk melancarkan barang atau mobilitas manusia. Tansportasi juga membantu tercapainya pengalokasian sumber-sumber ekonomi secara optimal. Transportasi berfngsi sebagai sektor penunjang pembangunan (the promotion sector) dan pemberi jasa (the servicing sector) bago perkembangan ekonomi.
  2. Manfaat Transportasi
    Manfaat transportasi (pengangkutan) bukanlah tujuan melainkan sarana untuk mencapai tujuan. Sementara itu, kegiatan masyarakat sehari-hari bersangkut paut dengan produksi barang dan jasa untuk mencukupi kebutuhan yang beraneka ragam. Karena itu manfaat dari transportasi dapat dilihat dai beberapa segi diantaranya adalah manfaat: Manfaat ekonomi, kegiatan ekonomi masyarakat sangat berkaitan denga produksi, distribusi, dan pertukaran kekayaan kegiatan tersebut membutuhkan moda transportasi dengan transportasi bahan baku dibawa menuju tempat produksi dan ke pasar. Selain itu, dengan transportasi pula konsumen datang ke pasar atau tempat pelayanan kebutuhan.

2 komentar: