Halaman

Jumat, 22 Maret 2013

Try to Forgive

Setiap insan manusia hidup di dunia ini tak akan bisa luput dari segala musibah dan penderitaan, akan tetapi alangkah indahnya apabla manusia itu mampu menyikapi setiap kejadian-kejadian yang dia alami dalam kehidupan ini dengan bijaksana dan penuh kepasrahan...

Kurasa memang berat untuk melakukan ini semua karena saya sendi pun sampai saat ini terkadang belum mampu bebuat seperti itu,,, tapi hal ini yang menjadi motivasi diri saya mengenai pembelajaran dalam dir ini aga menjadi lebih baik dari waktu ke waktu...

Ku sadari bahwa MEMAAFKAN itu sangat mudah sekali untuk di ucapkan,,, terkadang kita sering bilang kalau "AKU SUDAH MEMAAFKAN" tapi kita belum benar-benar memaafkan dengan tulus ikhlas...

Saya sendiri menyadari sepenuh hati bahwa tak mudah untuk memaafkan dengan ikhlas,,, apalagi jika yang dialami itu benar-benar sudah merubah seluruh kehidupan kita menjadi berantakan layaknya sebuah puzzel yang bentuknya sudah berupa kepingan-kepingan kecil yang itu sendiri membutuhkan waktu untuk merangkainya menjadi satu kesatuan lagi...

Hanya dengan memaafkan,,, kemudian kita coba melupakan apa yang pernah terjadi dan diikuti dengan keikhlasan maka hal itu akan menjadikan hidup kita akan menjadikan hidup kita akan menjadi lebih indah di masa yang akan datang... InsyaAllah

Jika kita sebaga insan manusia yang beriman sudah pasrah,,, ikhlas tidak ada rasa dendam,,, maka akan sangat mempengaruhi dengan kondisi psikologis dan juga kondisi fisik kita pada akhirnya... kita menjadi tidak mudah gampang sakit,,, akan terjaga jiwanya,,, dan akan menjadi semakin kuat serta menjadi insan yang tangguh...

Karena semua penyakit bersumber dari pikiran-pikiran kita dan hati kita...

Saya ingin sedikit berbagi dan disini saya juga sedang beusaha mencoba untuk menjalankannya dalam setiap detik-detik kehidupan yang saya jalani...

Seperti yang saya katakan diatas bahwasanya setiap insan manusia pasti pernah mengalami masa-masa kelam,,, bisa jadi musibah,,, kesedihan,,, penderitaan dan lain sebagainya yang bisa diakibatkan oleh perbuatan dari diri kita sendiri atau orang lain...

Lalu pertanyaan besa yang ada di dalam hati saya mungkin juga di dalam hati teman-teman semua...
"Bagaimana sih caranya kita berssikap apabla kita dihadapkan dalam keadaaan seperti itu...???"
"Lalu hal-hal apa saja sih yang harus kita lakukan ketika kita disakiti orang lain"
hal yang biasa saya lakukan :

Pertama-tama yang saya lakukan adalah "berwudhu kemudian Membaca Al-Qur'an,,, dengan begitu nantinya saya akan sedikit tenang,,, walaupun pada saat membaca Al-Qur'an,,, terkadang bisa jadi perasaan itu semua akan semakin memuncak dan lama kelamaan perasaan itu akan sampai pada puncaknya,,,  kemudian setelah perasaan itu sampai puncaknya maka akan menurun,,,, sehingga lama kelamaan saya akan tenang...

Kedua : "Memaafkan dan Melupakan",,, hal ini merupakan bukti sebuah ketulusan hati kita terhadap perilaku orang yang telah menyakti kita... kemudian membalasnya dengan kebaikan... Jadi istilah lainnya "mambalas kebencian dengan cinta" karena saya yakin cuma dengan cintalah kebencian itu akan meluntur...

Ketiga : "Meyakinkan diri kita bahwa itu semua adalah sebuah ketentuan,,, maksudnya kita harus menydari bahwa kita bukan manusia yang sempurna pasti punya salah dan orang lain itu tidak akan menyakiti kita kecuali hal itu semua karena kehendak Allah SWT,,, karena seorang manusia itu sebenarnya salah satu dari sekian banyak sebab yang ada dan bahwa itu semua penentu yang sebenarnya adalah Allah SWT,,, karena tanpa seizin Allah SWT hal itu tidak akan terjadi,,, maka dari itu kita harus berserah diri kepada Allah SWT yang melindungi diri kita...

Keempat : penghapusan dosa dalam hal ini yang dimaksud adalah kita harus menyadari bahwa kejahatan yang dilakuka orang lain kepada diri kita akan menghapuskan dosa-dosa kita,,, keburukan-keburukan kita akan dileburkan,,, kesalahan-kesalahan kita akan di maafkan dan derajat kita akan diangkat oleh Allah SWT,,, jadi ketika kita bertemu kembali dengan orang-orang yang pernah berbuat jahat,,, berbuat dzalim dan menyakiti diri kita,,, maka kita coba hadapi dengan senyuman,,, dengan kata-kata baik,,, dengan wajah yang berseri-seri agar sebuah api permusuhan itu akan padam dan akan menjadikan kedamaian...

Kelima : munculnya kesadaran terhadap kekurangan-kekurangan diri kita,,, dengan kesadaran ini justru ada karena dosa-dosa yang telah kita lakukan... Jadi bersikap ramah dan lemah lembut kepada orang yang telah menyakiti diri kita,,, karena bagaimanapun juga orang itu berhak dperlakukan ramah,,, tindakannya yang menyakiti orang lain dan sikapnya yang terlalu berani menetang Allah SWT untuk tidak menyakiti sesama,,, inilah yang menempatkannya dalam posisi orang yang harus kita sikapi dengan lemah lembut dan ramah,,, kalau kita balik menyakitinya berarti kita orang yang tak jauh beda dengan nya...

Mari kita saling memaafkan dengan ikhlas dan dengan begitu kita telah memperbaiki keadaan yang ada...
Jika ada yang salah satu ata ada yang mau menambahkan saya persilahkan...

Saya pribadi mohon maaf jka ada segala kesalahan yang saya lakukan baik yang saya sengaja maupun yang tidak disengaja...
Afwan...
^_^

< : : : MEMAAFKAN TIDAK AKAN MENGUBAH MASA LALU TAPI AKAN MEMPERINDAHH MASA DEPAN : : : >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar