Halaman

Sabtu, 23 Maret 2013

Logistik

Logistik merupakan seni dan ilmu mengatur dan mengontrol arus barang, energi, informasi dan sumber daya lainnya, seperti produk, jasa, dan manusia, dari sumber peoduksi ke pasar. Manufaktur dan marketing akan sulit dilakukan tanpa dukungan logistik. Logistik juga mencakup integrasi informasi, transportasi, inventori, pergudangan dan pemaketan.

Asal Usul

Kata Logistik berasal dari bahasa Yunani logos (λόγος) yang berarti "rasio, kata, kalkulasi, alasan, pembicaraan, orasi"

Logistik adalah konsep yang dianggap berevolusi dari kebutuhan pihak militer untuk memenuhi persediaan mereka ketika mereka beranjak ke medan perang dari markas. Pada kekaisaran Yunani, Romawi dan Bazamtium kuno, ada perwira militer dengan gelr Logistikas, yang bertanggung jawab atas distribusi dan pandanaan persediaan perang.

Logistik Militer

ILS (Integreted Logistics Support) adalah disiplin ilmu yang digunakan oleh tentara/militer untuk memastikan istem pendukung yang kuat denganlayanan perbekalan (logistik) konsep pemikirannya adalah biaya terandah sesuai dngan kebutuhan, handal, persediaan yang mencukkupi, maintainability dan lain-lain sebagai persyaratan yang ditetapkan untuk itu

Dalam logistik militer, petugas logistik mengatur bagaimana dan kapan untuk menindahkan sumber daya mereka ke tempat-tempat yang diperlukan. dalam ilmu militer, menjaga pasokan perbekalan tidak boleh terganggu oleh musuh sebagai bagian dari strategi militer, karena angkatan bersenjata tanpa sumber daya perbekalan dan transportasi akan tidak berdaya.

Manajeman Logistik

Manajem logsistik merupakan bagian dari proses supply chain yang berfungisi untuk merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan keefisienan dan keefektifanpenyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan inforasi terkait dari titik permulaan (piont of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dalam tujuannya untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar