Ketika kita akan melayani customer, maka kita harus memahami benar karkteristik dari customer. adapun perbedaan karakteristik customer industri/korporat (institusi, lembaga, perusahaan, yayasan, dsb) dengan customer personal/ritel (consumer)
Perusahaan
- Jika kehilangan customer pengaruhnya besar terhadap perusahaan supplier
- Hubungan nya sangat erat
- Perencanaan segmentasi pelanggan 3-5 tahun
- Proses bisnisnya dilakukan berdasarkan criteria strategis
- Permintaan produk terpenuhi dengan adanya jangka waktu tertentu
- layanan disesuaikan permintaan
- pesanan dalam jumlah yang relatif besar
- adanya kemungkinan yang besar untuk melakukan transaksi kembali
- keuntungan yang diperoleh perusahaan supplier cenderung lebih besar
- lebih cenderung tetutup dalam mempromosikan/ memberitahukan informasi tentang suppliernya terhadap perusahan lain selaku pesaingnya
- proses administrasi yang dilakukan lebih rumit
- spesifikasi produk yang diminta beragam
- kualitas yang diminta berdasarkan kesepakatan
Personal
- Jika kehilangan customer pengaruhnya kecil terhadap perusahaan supplier
- Hubungan nya tidak begitu erat
- Perencanaan segmentasi pelanggan 1 tahun
- Proses bisnisnya dilakukan berdasarkan potensi perusahaan
- Pemintaan dapat terpenuhi pada waktu itu juga
- Layanan sudah tersedia
- pesanan dalam jumlah yang relatif kecil
- untuk melakukan transaksi kembali jarang dilakukan
- keuntungan yang diperoleh perusahaan supplier cendeung kecil
- memungkinkan terjadinya promosi secara visual terhadap personal yang dapat menjadi customer nantinya
- proses administrasi yang dilakukan lebih simpel
- spesifikasi produk tidak terlalu beragam
- kualitas yang diminta berdasarkan kesesuaian keadaan supplier
Tidak ada komentar:
Posting Komentar